Minggu, 17 April 2011

Menjaga diri dalam pergaulan

Jaman ini, berikut orang-orangnya, telah mengalami kerusakan berat, dibanjiri fitnah yang mengerikan, dan telah berpaling dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan hari akhir. Dalam keadaan yang demikian itu, sulit bagi kita untuk melepaskan diri dari cengkeramannya, kecuali dengan melarikan diri dari mereka dan meninggalkannya jauh-jauh, kecuali yang jelas-jelas masih bersih.
Tidak ada sesuatu pun dari segala macam noda tersebut yang ancamannya tidak mengkhawatirkan agama, atau menyodorkan persoalan yang tak mungkin kita hadapi, tanpa ada seorang pendukung pun yang membantu usaha kita. Bagian-bagian yang masih bersih, yang meski kita ambil dan kerjakan. Karena itu, ambillah itu dan berhati-hatilah menjaga dirimu. Sekali lagi, ambil yang bersih dan tinggalkan yang ternoda.
Saya pesankan kepadamu untuk menjauhi tempat berkumpul orang-orang masa kini, dan jangan pula bergaul dengan mereka, kecuali jika betul-betul perlu. Itupun mesti kamu lakukan dengan hati-hati, agar supaya kamu selamat dalam keikutsertaanmu dengan mereka, dan selamat pula dari keburukan-keburukan mereka. Jadikanlah itu sebagai niatmu dalam menjauhi mereka.
Janganlah kamu datangi majlis-majlis mereka, kecuali yang jelas-jelas bermanfaat bagi agamamu. Kalau kamu tidak sanggup, maka tinggalkan saja majlis orang-orang yang sekiranya dapat membahayakanmu, sebagaimana kamu lari ketika berhadapan dengan binatang buas, atau bahkan lebih dari itu.
[Disarikan dari Majmu' Rosail Al-Habib Abdullah bin Husin Bin Thohir Ba'alawi, dalam edisi terjemahan Menyingkap Diri Manusia]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar